10 Keuntungan Usaha Budidaya Kroto – Simak Yuk !!

Kebunternak.com – Usaha budidaya kroto pada saat ini memang sangat potensial sekali, buktinya sekarang banyak yang terjun dalam usaha budidaya kroto ini. Semakin banyaknya permintaan di pasaran dan semakin langkanya kroto setiap hari maka tidak ada salahnya kita juga ikut usaha budidaya telur semut merah ini. Lalu apakah alasan kenapa kita harus budidaya kroto ? Yuk simak ulasannya di bawah ini :

Usaha Budidaya kroto

Budidaya kroto

10 Alasan memilih usaha budidaya kroto

  1. Budidaya kroto mudah dilakukan

Dengan adanya inovasi menjadikan budidaya kroto bisa dilakukan di rumah. Yang diperlukan adalah media ternak semut rangrangnya yaitu menggunakan toples ataupun juga dengan paralon. Selain itu juga penyediaan pakan untuk semut ini juga terbilang mudah didapat yaitu menggunakan gula pasir dan ulat jepang. Pakan bisa dengan membeli atau juga ternak sendiri untuk ulat Jepangnya.

  1. Budidaya kroto memberikan keuntungan yang tinggi

Peternak apapun hewan yang diternak tentu menginginkan keuntungan yang maksimal. Dengan ternak kroto ini ternyata harga per kilogramnya bisa dibilang masih tinggi yaitu dari 150 ribu sampai 200 ribu rupiah. Tentu angka ini sangat menggiurkan bagi siapa saja yang ingin mulai beternak kroto ini bahkan bagi yang sudah menjalani ternak kroto karena bisa menambah penghasilan.

  1. Budidaya kroto masih belum banyak dilakukan orang

Masih sedikitnya jumlah peternak kroto juga mempengaruhi harga jualnya. Hal ini karena masih banyak yang belum mengetahui informasi tentang ternak kroto ini. Kebanyakan orang masih berusaha mencari kroto dengan cara memburunya ke pohon-pohon. Tentu jika bisa menernak kroto sendiri, mereka tidak harus memburu di alam liar dan penghasilan pun pasti bisa didapat dari ternak ini.

  1. Permintaan kroto selalu tinggi

Faktanya adalah permintaan kroto selalu tinggi. Permintaan ini datang dari para pemancing yang mengaku lebih mudah mendapatkan ikan jika umpan yang dipakai dicampur dengan kroto. Selain itu permintaan yang tinggi juga berasal dari para pecinta burung kicau mania. Jumlah pecinta burung yang selalu meningkat tentu berpengaruh langsung kepada permintaan kroto. Kroto dipilih untuk burung karena burung yang biasa diberi pakan kroto bisa berkicau lebih merdu.

  1. Bisa dipanen setiap hari

Selain perawatannya yang mudah dilakukan, ternyata budidaya kroto bisa dipanen setiap hari. Syaratnya adalah peternak kroto paling tidak memiliki 200 buah tempat budidaya bisa dari toples maupun paralon atau bambu. Keuntungan ini tentu bisa diandalkan oleh peternak sebagai mata pencaharian utama asalkan harga kroto tetap bagus dan stabil.

  1. Bisa untuk pakan ternak burung sendiri

Bagi yang memang mempunyai usaha ternak burung sendiri, tentu melakukan ternak kroto bisa memiliki keuntungan ganda yaitu mendapatkan pakan berkualitas yang lebih murah sehingga memangkas biaya perawatan burung sehari-hari. Dengan melakukan ternak kroto sendiri juga mengurangi ketergantungan pakan burung dalam bentuk kemasan.

  1. Bisa memanfaatkan tampat kosong di rumah

Ruangan yang sebelumnya mungkin tidak terpakai maksimal bisa dipakai untuk ternak kroto ini. tinggal menyiapkan rak-rak dan juga nampan di dalamnya sehingga bisa dijadikan tempat budidaya kroto. Dengan begitu ruangan nganggur di rumah bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai tambah.

  1. Membuka peluang untuk menjadi penjual bibit kroto

Mudahnya perkembangbiakan semut rangrang penghasil kroto ini kalau bisa dijalani dalam waktu yang lama bisa memberikan peluang pemiliknya menjadi penjual bibit kroto. Menjadi penjual bibit kroto tentu memberikan tambahan penghasilan yang lebih besar karena per toples bibit kroto bisa dihargai 25 ribu rupiah.

  1. Membuka pasar kroto di daerah

Kalau memang sebelumnya belum ada yang melakukan budidaya kroto, memulai budidaya kroto ini bisa membuka pasar kroto yang memang belum ada yang menggarapnya. Dengan begitu keuntungan yang dicapau bisa maksimal karena bisa memenuhi kebutuhan pasar dari bibit sampai ke panen.

  1. Melestarikan populasi kroto di alam

Dengan bisa melakukan budidaya kroto sendiri, ketergantungan pada kroto alam diharapkan bisa berkurang. Dengan begitu populasi kroto alam bisa lestari untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Demikianlah artikel dan ulasan kali ini mengenai alasan kenapa kita harus usaha budidaya kroto, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses selalu. Happy Go Green..

10 Keuntungan Usaha Budidaya Kroto – Simak Yuk !! | admin | 4.5