8 Langkah Mudah Cara Beternak Belut Agar Sukses

Kebunternak.com – Ada 8 cara mudah dalam beternak belut agar cepat sukses yaitu dengan pemilihan bibit yang bagus, desain media ternak dan pemberian pakan yang tepat. Kenapa harus belut ? Karena belut adalah hewan yang mengandung protein tinggi yang baik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual kembali. Selain memiliki kandungan gizi yang baik, nilai jualnya juga termasuk tinggi. Nah apa sajakah langkah dalambeternak belut ? Yuk simak ulasannya di bawah ini :

Beternak Belut dengan mudah

Beternak Belut Dengan Mudah

Pembuatan Media Beternak Belut

  1. Anda harus membersihkan drum ataupun tong hingga bersih,terutama bagian dalam drum. Lalu buat bulatan panjang pada drum,simpan drum pada tanah yang memanjang,usahakan di tanah yang datar. Beri pengganjal pada sisi kanan dan kiri drum,agar tidak terguling. Buat juga saluran pembuangan di bawah tong tersebut. Dan juga buat tempat peneduhan agar belut tidak kepanasan.
  2. Selanjutnya,dasar drum diberi tumpukan jerami setebal 50 cm,lalu sirami jerami tersebut dengan mikroorganisme stater,dengan 1 liter per drum,lalu tambahkan kompos atau pupuk kompos atau tanah humus setinggi 5 cm. setelah itu lapisan terakhirnya ialah lumpur kering dan pupuk TSP setebal 25 cm,lalu kemudian masukan air setinggi 15 cm,kemudian anda diamkan selama 2 minggu sebelum belut tersebut dimasukan,karena butuh proses fermentasi terlebih dahulu.media yang sudah terfementasi tersebut harus disediakan pakan ternak tambahan seperti zooplankton,jasad-jasad renik dan cacing yang nantinya akan menjadi pakan ternak secara alami untuk belut.
  3. Jangan lupa tambahkan eceng gondok sebagai tempat bersembunyi belut,yang mana isinya itu sebanyak ¾ dari seluruh besar kolam.

Pemilihan Bibit Untuk Beternak Belut

  1. Kemudian selanjutnya anda harus memilih bibit belut dengan ukuran yang seragam,hal ini bertujuan agar bibit yang dihasilkan juga seragam,dan mencegah adanya proses kanibalisme ataupun proses saling memakan. Sifat kanibalisme dalam berternak belut tersebut di drum tersebut monopterus albus itu tidak akan terjadi selama proses pembesaran,anda bisa mencegah dengan cara memberikan pakan dengan jumlah yang cukup,saat masih dalam usia anakan,belut tidak akan saling mengganggu ataupun saling memakan. Sifat kanibal bisa muncul saat belut berumur 10 bulan. Oleh karena itu tidak perlu anda khawatir jika anda memasukan bibit dalam jumlah yang besar hingga ribuan ekor misalnya. Dalam kolam yang berukuran 5 m x 5 m x 1m anda bisa juga memasukan hingga jumlahnya 9400 bibit belut.
  2. Kemudian,Pilihlah bibit belut yang aktif,lincah dan tidak loyo. tidak cacat pula ataupun luka secara fisik saat anda melihatnya kemudian harus yang bebas dari penyakit,pilihlah ukuran bibit belut yang berukuran 10-12 cm.

Penanganan Dalam Beternak Belut

  1. Untuk mencegah proses kanibalisme atau saling makan memakan,anda harus memberi bibit belut anda pakan yang cukup. Yakni untuk takaran berikan sesuai dengan berat populasi belut tersebut,untuk amannya anda harus berikan pakan sebanyak 5-20 % dari bobot tubuhnya/hari.

Pakan Yang Tepat Dalam Beternak Belut

  1. Untuk pakannya anda bisa memberikan cacing,kecebong,ikan kecil,keong mas dan bekicot yang sudah anda potong kecil-kecil,pakan ini anda berikan pada sore hari. Karena biasanya belut mencari mangsa pada sore hari ataupun malam hari. Untuk menambah nafsu makan belut itu sendiri anda bisa memberikan temulawak curcuma xanthorhiza,anda bisa berikan sekitar 200 gram temulawak curcuma xanthorhiza,anda bisa menumbuknya lalu merebusnya dengan air sebanyak 1 liter. Setelah dingin,air rebusan tersebut dimasukan ke kolam pembesaran,atau masukan ke tempat dimana belut biasa bersembunyi.
  2. Dalam satu drum bisa anda berikan bibit lele pula,yang ukurannya sekitar 10-12 cm,bibit ini bisa diambil setelah 3-4 bulan,guna bisa menghasilkan lele dan juga belut secara bersamaan. Tak lupa,untuk bisnis belut ini anda bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar,yakni belut yang sudah dewasa yang berukuran 6-11 cm dipasaran itu bisa dijual dengan harga Rp.55.000/kg yang isinya berkisar antara 75-110 ekor belut sedangkan jika anda menjual bibit belut untuk dikonsumsi harganya itu sekitar Rp.32.000/ekor yang berisi 3-5 ekor per bungkusnya.

Demikianlah informasi kali ini mengenai cara beternak belut dengan mudah dan sukses. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog kebunternak.com. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses selalu. tetap semangat dalam beternak..

8 Langkah Mudah Cara Beternak Belut Agar Sukses | admin | 4.5