Tips Cara Memelihara Dan Ternak Kambing Gibas

Kebunternak.com – Halo kawan, apa kabar semuanya ? Mudah-mudahan semua dalam keadaan baik ya. Amin. Oia untuk ulasan kali ini admin akan memberikan beberapa tips mengenai cara memelihara dan ternak kambing gibas. Semua sudah tau jenis kambing gibas ini kan ? Yup, disebagian daerah kambing jenis ini masih keluarga dengan domba. Oke lanjut saja yuk simak gimana tipsnya :

 

Cara Ternak Kambing Gibas

Cara Ternak Kambing Gibas

  1. Perkandangan

Menyediakan kandang untuk ternak kambing gibas sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan tingkah laku kambing gibas yang senang sekali hidup bergerombol. Kandang model bergerombol tersebut tentunya akan menghemat lahan secara signifikan. Untuk ukuran 3 x 1,5 meter saja sudah dapat menampung sekitar 10 ekor kambing gibas.

Kodel kandang kabing gibas terbaik adalah dengan model kandang panggung. Selai karena tidak menyentuh tanah secara langsung, makanan kambing juga tidak akan langsung terkena kotoran apabila menggunakan kandang model biasa (bukan panggung).

  1. Pemilihan Bibit Kambing Gibas

Pemilihan bibit yang unggul merupakan modal awal kita untuk mendapatkan keturunan yang juga berkualitas. Anda dapat mencari bibit dengan mengawinkannya sendiri atau membeli langsung. Dalam pembibitan, biasanya seekor pejantan akan bisa dipasangkan dengan sekitar 4 ekor kambing gibas betina unggulan. Krtika betina buning, maka dilakukan pemisahan dari kandang awal secepatnya. Ada dua jenis kambing gibas yang ada saat ini. Kambing gibas dengan ekor berbentuk cambuk dan gemuk, yang mempunyai karakter sangat susah dalam perkembangan dan pembentukan daging. Ada pula kambin gibas dengan bentuk ekor gemuk, yang dinilai lebih mudah dalam perkembangan pembentukan daging.

Kambing gibas sangat bagus dijadikan bibit ketika umurnya sudah mencapai 6 bulan karena di umur tersebut kambing gibas usdah melai mengembangkan daging dalam tubuhnya sehingga akan mudah untuk dilakukan program penggemukan.

  1. Tata Kelola Pakan Ternak Kambing Gibas

Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, hijauan pada pakan ternak kambing gibas sebaiknya di tambahkan dengan konsentrat maupun vitamin. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakan buatan pada kambing gibas di antaranya jerami yang berasal dari tumbuhan pertanian seperti padi, jagung, tebu, kangkung, kedelai, dan yan lainnya. Ada pula kulit umbi-umbian seperti kulit ketela, kulit ubi, kulit rambat, dan yang lain. Selain itu ada pula kulit kacang-kacangan (kulit kacang tana, kulit kopi, kulit rambutan, dll), sisa sayuran, dan daun tumbuh – tumbuhan baik yang sudah kering maupun yang sudah kering seperti daun lamtoro, daun jambu, daun pisang, dan yang lainnya.

  1. Cara Beternak Kambing Gibas

Cara beternak kambing gibas secara umumnya tidak jauh berbeda dengan cara ternak untuk jenis kambing yang lain. Satu hal terpenting dari kambing gibas adalah kebersihan kandang dan suplai makanan yang selalu terjaha. Selain itu, kita dapat memberikan nutrisi tambahan pada kambing gibas berupa pakan konsentrat dan suntikan vitain. Apabila Anda memiliki lahan yang cukup luas, ajaklah kambing gibas Anda untuk melepaskan mereka dan memakan rumput yang ada di sana untuk mengurangi stress pada kambing. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan pengawasana yang terjaga untuk memastikan mereka tidak hilang atau terluka ketika bergembala bersama-sama.

  1. Perawatan Kesehatan Kambing Gibas

Perawatan kambing gibas tujuan utamanya adalah untuk mencegah dan menghindarkan kambing gibas dari berbagai penyakit yang selalu mengintai pada kambing gibas. Pencegahan penyakit terutama berasal dari makanan yang penuh gizi sehingga kebutuhan nutrisi kambing gibas akan dapat terpenuhi. Selain untuk membuat agak=r tubuh kambing gibas tetap fit dan juga sehat, pemenuhan kebutuhan nutrisi dari pakan kambing gibas juga berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pembuatan daging pada daging kambing gibas.

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk pakan kambing gibas. Untuk hijauan, kebanyakan contohnya adalah rerumputan sedangkan untuk konsentrat contoh untamanya adalah ampas tahu.

Demikianlah informasi kali ini mengenai cara beternak kambing gibas yang benar, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses selalu. Happy Go Green…

Tips Cara Memelihara Dan Ternak Kambing Gibas | admin | 4.5