Cara Menanam Jeruk Lemon Yang Mudah Dan Tepat

Kebunternak.com – Mempunyai hobi berkebun memang sangat menarik sekali, buktinya sudah banyak tanaman buah yang bisa ditanam dengan menggunakan luas lahan diepekarangan rumah maupun dengan pot. Salah satunya adalah jeruk lemon, buah yang satu ini memang sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu buah ini banyak dibudidayakan dan ditanam di sekitar rumah dengan media pot. Nah kali ini saya akan memberikan tips tentang cara menanam jeruk lemon dengan mudah dan tepat.

Menyiapkan lahan yang akan digunakan dalam cara menanam jeruk lemon merupakan langkah paling awal yang harus disiapkan. Untuk menanam jeruk lemon ini, lahan yang disiapkan harus cukup luas untuk tumbuh kembang pohon. Selain itu juga perlu disiapkan undukan tanah untuk menanam bibit. Jarak antar tanam juga perlu diperhatikan agar pohon bisa tumbuh dengan sempurna.

Cara Menanam Jeruk Lemon

Cara Menanam Jeruk Lemon

Sebelumnya, ada baiknya jika mengetahui kriteria lahan yang baik untuk perkembangan jeruk lemon, yakni tanahnya harus gembur dan organik. Selain itu, tanah yang digunakan juga harus memiliki kadar garam rendah, tidak tergenang air, dan mendapat sinar matahari yang cukup. Jeruk lemon sebenarnya dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, di negara tropis maupun subtropis.

Cara Menanam Jeruk Lemon Dengan Persiapan Yang Baik

Hendaknya kalian memilih cara tanam dengan memperhatikan arah mata angin yang tepat agar sinar matahari dapat langsung mengenai pohon. Agar air hujan tidak menggenang, bisa dibuat parit-parit kecil. Kedalaman lubang tanaman juga harus disesuaikan dengan akar bibit agar bisa mencengkeram tanah dengan baik.

Melakukan pembibitan, dapat dilakukan setelah lahan yang tepat selesai disiapkan. Untuk mendapatkan buah jeruk lemon yang terjamin kualitasnya, pilihlah bibit unggul dan yang paling penting diakui secara legal oleh negara. Pemilihan bibit ini menjadi salah satu kunci penting dalam keberhasilan menanam jeruk lemon.

Memulai penanaman, bisa dilakukan kapan saja mengingat pohon jeruk pada umumnya, termasuk di sini jeruk lemon, dapat bertahan hidup di segala musim. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah cara menanamnya tepat dan syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik.

Cara menanam jeruk lemon dilakukan dengan teknik menancapkan bibit ke masing-masing undukan tanah yang sebelumnya telah dibuat. Agar bisa tumbuh dengan baik, pastikan bibit buah jeruk lemon bisa mendapatkan pasokan sinar matahari dan air yang cukup. Selain itu, perlu pula dijaga agar keduanya tidak berlebihan karena bisa menurunkan kualitas buah yang dihasilkan.

Cara Menanam Jeruk Lemon Dengan Pemupukan Yang Benar

Memberikan pupuk yang tepat, dilakukan maksimal empat kali dalam satu bulan. Jika menginginkan buah jeruk lemon yang sifatnya organik, menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik menjadi pilihan yang tepat. Tentunya, dalam memberikan pupuk ini harus bijaksana dan tepat waktu.

Dalam langkah-langkah cara menanam jeruk lemon, perawatan tanaman menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain pemberian pupuk, juga diperlukan pengusiran hama tanaman seperti lalat buah, ulat, tungau, dan lain-lain. Langkahnya bisa dilakukan dengan memasang jebakan untuk mengusir lalat buah, atau bisa juga menyemprotkan zat untuk membunuh hama.

Hal tak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah menebang sebagian batang utama agar jumlah cabang bisa bertambah, sehingga produktivitas pohon pun akan meningkat dan terpelihara dari tahun ke tahun. Memangkas jumlah buah yang terlalu banyak di musim panen pertama juga perlu dilakukan agar produktivitas buah di tahun-tahun mendatang bisa terjaga.

Cara Menanam Jeruk Lemon Dengan Pemanenan Yang Benar

Memanen, merupakan fase yang ditunggu-tunggu dalam cara menanam jeruk lemon. Pemanenan buah jeruk lemon ini dapat dilakukan hanya saat buah benar-benar matang. Hal ini karena jeruk merupakan jenis buah yang hanya dapat mematangkan diri di pohon.

Setelah dipetik, proses pematangan buah ini pun akan terhenti saat itu juga. Usia buah yang ideal untuk dipanen adalah berkisar antara 30-36 pekan. Untuk itu, perlu kehati-hatian dalam memanen buah jeruk lemon ini agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Demikianlah informasi tentang cara menanam jeruk lemon dengan mudah dan tepat, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang ingin berbudidaya buah yang banyak mengandung vitamin C ini. Terima kasih sudah berkunjung di blog kebun ternak dan salam sukses selalu.

Cara Menanam Jeruk Lemon Yang Mudah Dan Tepat | admin | 4.5