Cara Menanam Tomat Hidroponik Dengan Sistem NFT (Nutrient Film Tecnique)

Kebunternak.com – Sebelum kita melanjutkan tentang cara menanam tomat hidroponik, buat kalian yang belum memahami tentang cara menanam sayuran hidroponik. Kalian bisa membaca dulu artikel sebelumnya, karena ada beberapa metode menanam yang harus kalian ketahui. Nah pada artikel kali ini kita akan menanam hidroponik dengan sistem NFT (Nutrient Film Tecnique). Dimana sistem ini memang agak sedikit rumit, akan tetapi hasilnya akan lebih menguntungkan dibandingkan sistem lainnya.

Cara Menanam Tomat Hidroponik

Cara Menanam Tomat Hidroponik

Persiapan Cara Menanam Tomat Hidroponik

Membuat instalasi hidroponik NFT System menjadi tahap pertama dalam membudidayakan tomat dengan teknik ini. instalasi ini dibuat dengan menggunakan pipa paralon atau talang air. Peralatan lain yang dibutuhkan antara lain pompa air, tandon atau ember besar sebagai penampungan nutrisi, netpot, pipa dan selang kecil untuk mengalirkan nutrisi dari tandon ke guli, dan rak. Kemudian guli disusun di atas rak dengan posisi agak miring agar larutan nutrisi bisa mengalir.

Dalam cara menanam tomat hidroponik dengan sistem NFT, guli sendiri dibuat dari pipa paralon atau talang air yang dilubangi bagian atasnya sesuai ukuran netpot. Jarak ideal antar lubang adalah 60-70 cm.

Menyiapkan benih tomat hidroponik merupakan tahap kedua dalam penanaman tomat hidroponik. Agar memberikan hasil optimal, pilihlah benih yang berkualitas dan sesuai dengan lokasi Anda berada.

Menyemih benih tomat hidroponik menggunakan rockwoll dilakukan untuk menyediakan media semai sekaligus media tanam. Untuk cara menanam tomat hidroponik dengan sistem NFT ini cukup potong rocwoll persegi empat seperti dadu dengan ukuran yang sesuai dengan netpot yang digunakan. Lalu basahi dengan air dan lubangi bagian tengahnya untuk tempat benih. Satu rockwoll berisi satu benih dan harus diletakkan di wadah dan tempat gelap.

Benih Siap Semai

Setelah berkecambah, benih sebaiknya dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. Untuk kebutuhan nutrisinya, gunakan nutrisi ab mix dengan ppm rendah. Selanjutnya, usai mencapai umur 20-25 hari, baru bibit siap dipindah tanam.

Menanam bibit tomat hidroponik sistem NFT dapat dilakukan setela instalasi NFT dan bibit sudah siap. Caranya cukup dengan mengisi tandon dengan larutan nutrisi secukupnya. Lalu sambung pada bagian pompa air, tentu gunanya adalah pada nutrisi yang dibutuhkan mampu mengalir ke bagian guli. Baru setelahnya pada bibit tomat dimasukan kedalam netpot yang dimasukkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Memberikan dosis PPM nutrisi untuk tomat hidroponik menjadi salah satu langkah penting dalam cara menanam tomat hidroponik. Dosisnya ditentukan dengan satuan ppm atau yang biasa disebut EC, yang disamakan fase pertumbuhan pada tanaman itu sendiri.

Memelihara dan merawat tomat hidroponik sistem NFT adalah salah satu tahap yang paling menentukan. Berbeda dengan penanaman secara konvensional, dalam perawatan tomat hidroponik sistem NFT tidak ada tahapan penyiangan, penyiraman, dan pemupukan karena sudah secara otomatis dilakukan sistem.

Perawatan

Perawatan dan pemeliharaan pada cara menanam tomat hidroponik sistem NFT dilakukan dengan segera memusnahkan jika ada tanaman yang mati atau terserang penyakit, memasang ajir atau penopang tanaman, dan menjaga pH larutan nutrisi agar tetap stabil. Selain itu, juga perlu untuk meninggikan pada bagian EC di kumpulan nutrisi yang disesuaikan oleh fase pertumbuhan, dan selalu memeriksa tandon nutrisi agar selalu penuh.

Mengendalikan hama dan penyakit tomat hidroponik, sama seperti tomat pada umumnya, jenis yang satu ini juga tak lepas dari hama atau penyakit. Karenanya, perlu dilakukan pengendalian secara mekanis dengan memungut langsung hama untuk dimusnahkan. Atau bisa juga disemprot pestisida nabati sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Memanen tomat hidroponik dapat dilakukan setelah buah terlihat matang 80-90%. Ditandai ketika warna kulit buah sudah terlihat memerah. Dengan cara menanam tomat hidroponik, tak jauh berbeda dengan cara konvensional, buah dapat dipanen ketika sudah mencapai umur 60-90 hari, tergantung dengan varietas yang digunakan. Namun, jika Anda ingin memanen tomat hijau, waktunya bisa dilakukan lebih cepat lagi.

Demikianlah informasi mengenai cara menanam tomat hidroponik, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Oia jangan lupa ya untuk membaca artikel sebelumnya tentang cara menanam sayuran hidroponik, disana bisa kalian lihat jenis sayuran apa saja yang bagus jika ditanam menggunakan sistem ini. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih sudah berkunjung di blog kami kebunternak.com dan salam sukses selalu.

 

Cara Menanam Tomat Hidroponik Dengan Sistem NFT (Nutrient Film Tecnique) | admin | 4.5