10 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memberikan Keuntungan Berlimpah

Kebunternak.com – Saat ini memang sudah banyak sekali jenis tanaman hidroponik yang sudah banyak ditanam oleh para pecinta hidroponik di tanah air. Salah satunya adalah semangka, nah jika kita menanam semangka bukan tak mungkin buah ini bisa memberikan keuntungan yang berlimpah kepada kita. Karena selain harganya yang stabil, buah semangka juga banyak sekali memiliki manfaat.

Disamping buah semangka, kita juga bisa menanam cabe dengan menggunakan hidroponik, kenapa harus cabe ? Karena harga cabe di pasaran cenderung sering naik ketimbang turun, atau harganya tetap stabil. Nah untuk kalian yang berancana budidaya cabe menggunakan hidroponik, kalian bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara menanam cabe hidroponik dengan 6 langkah mudah. Oke kita lanjutkan dengan artikel kali ini tentang 10 jenis tanaman hidroponik yang sangat memberikan banyak keuntungan kepada kita.

Jenis Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik Sayuran

1. Tanaman hidroponik paprika, merupakan salah satu jenis yang paling memberikan keuntungan paling menjanjikan. Tanaman hortikultura jenis ini merupakan salah satu kategori sayuran yang paling mudah ditanam dan cepat mengalami pertumbuhan. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai bahan penyedap rasa atau bahan dasar masakan barat. Pembudidayaan tanaman jenis paprika apabila menggunakan konsep hidroponik mampu menghasilkan 2.5 kg buah per tanaman jika dirawat secara intensif. Satu kilogram lebih tinggi dibandingkan paprika yang ditanam di tanah.

2. Tanaman hidroponik tomat, salah satu jenis tanaman hidroponik yang paling banyak dikembangkan. Modal untuk mengembangkannya pun sangat terjangkau. Hanya membutuhkan kemauan dan semangat untuk mencoba karena diperlukan perawatan yang rutin. Hal penting dalam pengembangan tomat secara hidroponik adalah pemilihan bibit yang baik yang bisa dibeli di toko pertanian. Untuk hasil panen memuaskan, pilihan bibit unggul. Media tanamnya bisa menggunakan serbuk sabut kelapa.

3. Tanaman hidroponik timun jepang, atau dikenal dengan zucchini atau kyuri merupakan sayuran berbentuk panjang seperti terong berwarna hijau. Jenis tanaman hidroponik ini adalah salah satu yang sulit diperoleh. Pembudidayaannya dimulai dari menyiapkan media dan wadah tanam serta penyemaian benih lalu penanaman hasil semai dan perawatan teratur. Jika perawatan dilakukan dengan baik, benar, dan rutin, hasil panennya pun akan memuaskan.

4. Tanaman hidroponik selada, merupakan salah satu tanaman yang dapat menghasilkan keuntungan berlimpah. Jenis sayuran yang kerap digunakan sebagai lalapan ini tercatat mampu menghasilkan tiga juta ton selada per tahunnya yang ditanam pada lebih dari 300,000 hektar lahan hidroponik.

5. Tanaman hidroponik seledri, dapat dibudidayakan dengan konsep hidroponik sistem sumbu atau wick system dengan media air. Sistem lain yang bisa dikembangkan untuk jenis tanaman hidroponik ini adalah rakit apung atau water culture. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan pemahaman yang tepat mengenai bercocok tanam hidroponik, jenis sayuran yang cukup banyak digunakan ini dapat memberikan keuntungan berlimpah.

Jenis Tanaman Hidroponik Buah-Buahan

6. Tanaman hidroponik melon, memang belum banyak dikembangkan. Hal itu karena tidak banyak yang mengetahui bahwa buah-buahan juga bisa ditanam secara hidroponik. Pemilihan bibit unggul, pemberian nutrisi, dan pemeliharaan yang tepat merupakan kunci utama dalam pengembangannya.

7. Tanaman hidroponik semangka, merupakan salah satu yang bisa memberikan keuntungan melimpah. Buah yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh dan cukup banyak diminati ini, sangat mudah dikembangkan. Jenis tanaman hidroponik ini hanya memerlukan waktu 2-3 bulan untuk dapat dipanen.

8. Tanaman hidroponik anggur, merupakan salah satu ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Jenis buah mahal ini bisa dibudidayakan secara gidroponik di tabulampot. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni daerahnya merupakan daerah kering (suhu 24-30 derajat cecius), kelembaban udara sekitar 39-59%, dan untuk cahaya matahari secara penuh sepanjang hari. Fase panen terjadi 90-100 hari setelah pembungaan.

9. Tanaman hidroponik blueberry, salah satu tanaman dengan nilai ekonomi tinggi. Buah ini cukup unik lantaran tidak produktif jika ditanam di tanah yang terlalu subur. Pengembangannya secara hidroponik bisa dilakukan dengan media tanam seperti cocopeat. Sedangkan untuk penyemai bisa menggunakan pot kecil atau potongan botol.

10. Tanaman hidroponik strawberry. Merupakan salah satu jenis tanaman hidroponik yang cukup menjanjikan. Banyak petani strawberry yang sudah beralih dari sistem konvensional ke sistem hidroponik. Metode yang kerap digunakan adalah sistem tetes yang dinilai lebih mudah dan praktis dalam perawatannya.

Nah demikianlah informasi atau artikel kali ini tentang 10 jenis tanaman hidroponik yang memberikan keuntungan berlimpah bagi kita. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan salam sukses selalu.

10 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memberikan Keuntungan Berlimpah | admin | 4.5