10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh Balita

Kebunternak.com – Ikan lele adalah ikan yang mudah sekali untuk diternakan, salah satu contoh budidaya adalah ternak ikal lele mutiara. Nah ikan yang biasa hidup di air tawar ini ternyata mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang berguna bagi tubuh kita. Lalu apa sajakah manfaat ikan lele bagi tubuh kita ? Yuk simak ulasannya di bawah ini :

Manfaat Ikan Lele Untuk Balita

Manfaat Ikan Lele

10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

1. Manfaat ikan lele untuk menekan kolesterol

Lele merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan lemak rendah. Dengan sifat sederhana yaitu trigliserida netral. Lemak lele bisa kamu temui di bagian perut dan tubuhnya bagian bawah serta bagian hati lele. Dengan lemak yang rendah ini kamu bisa mengkonsumsi daging ikan lele untuk menurunkan kadar kolesterolmu.

2. Omega 3 untuk perkembangan otak janin.

Untuk para ibu – ibu yang sedang dalam proses mengandung, ada baiknya untuk perbanyak konsumsi ikan lele. Kandungan omega 3 dalam ikan lele ini cukup banyak. Sehingga dapat sangat bermanfaat dalam proses perkembangan otak di dalam janin. Selain itu kandungan omega 3 pada lele dapt berguna untuk perkembangan fungsi saraf dan pengelihatan.

3. Kaya akan Phospor

Daging ikan lele mengandung zat phospor hingga mencapai 167 mg / 100 gram. Kandungan ini terbukti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan telur yang hanya 100 mg saja. Phospor ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dalam metabolisme lemak dan pati, dapat menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sintesis DNA, serta bermanfaat untuk pembentukan tulang pada janin pada kandungan ibu. Jika kekurangan phospor, ibu hamil dapat mengalami osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Kandungan kalium dan natrium pada daging ikan lele juga cukup tinggi. Perbandingan keduanya yaitu 24,7 :1, tergolong cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah anda. Kandungan ini dapat membantu pengendalian tekanan darah, pemicu simpul syaraf dan kerja otot, melancarkan cairan tubuh.

5. Sebagai sumber protein yang tinggi

Jenis ikan air tawar yang satu ini memang mengandung protein yang cukup tinggi sekitar 25 %. Kandungan protein yang tinggi pada ikan lele ini tentu sangat bermanfaat untuk tubuh anda, selain perut kenyang anda juga akan lebih sehat. Leusin pada ikan lele dapat membantu pertumbuhan anak, pembentukan dan perombakan otot serta untuk menyembuhkan penyakit herpes dengan lebih cepat.

6. Ikan lele mengandung vitamin B12

Vitamin B12 pada ikan lele dapat bermanfaat dalam menunjang kebutuhan nutrisi sehari – hari. Vitamin ini dapat meningkatkan stamina kamu. Sehingga tubuh tidak mudah lelah saat sedang berkativitas. Konsumsi satu ekor ikan lele dapat memenuhi 40 % kebutuhan vitamin B12 tubuh.

7. Manfaat ikan lele untuk kesehatan jantung

Kandungan omega 3 dan omega 5 pada daging ikan lele hampir setara dengan kandungan pada ikan salmon. Sehingga ikan lele ini memiliki manfaat yang sama seperti ikan salmon yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan harga yang lebih murah, kamu bisa memperoleh 875 mg omega 6 dan 220 asam lemak omega 3

8. Ikan lele baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan fosfor pada ikan lele yang cukup tinggi dapat membantu menajaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor dapat mengakibatkan tulang keropos atau osteoporosis yang berujung pada kelumpuhan. Untuk menghindari hal ini sebaiknya konsumsi banyak ikan lele yang mengandung fosfor.

9. Ikan lele dapat menurunkan tekanan darah

Omega 3 yang terdapat pada ikan lele memang cukup tinggi. Lemak omega 3 ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda terutama dari ekzema dan dermatis. Serta membantu pembentukan cerbral cortes pada otak.

10. Ikan lele dapat membuat jantung dan otak sehat

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada ikan lele setara dengan ikan salmon. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan otak namun tetap hemat dikantong anda.

Demikianlah artikel kali ini mengenai 10 manfaat ikan lele bagi tubuh kita, buat kalian yang tertarik untuk budidaya ikan berkumis ini silahkan baca ulasan kami mengenai Rahasia Ternak Ikan Lele Mutiara. Sekali lagi admin ucapkan terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan salam sukses selalu.

10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh Balita | admin | 4.5