10 Media Tanam Hidroponik Selain Air Yang Ada Di Sekitar Kita

Kebunternak.com – Halo hobiest kali ini saya akan membahas tentang media tanam hidroponik yang mudah kita temukan di sekitar lingkungan kita. Tentu saja media tanam ini merupakan salah satu hal penting sebelum kalian menyiapkan benih dan pupuk untuk tanaman kalian. Kemarin saya sudah membahas sitem hidroponik dengan sistem NFT, buat kalian yang belum tahu, bisa membacanya di sini Cara Menanam Tomat Hidroponik Dengan Sistem NFT (Nutrient Film Tecnique).

Nah apa saja sih media tanam hidroponik selain air yang bisa juga kita gunakan dalam membuat sistem hidroponik ? Yuk simak 10 media tanam di bawah ini :

Media tanam hidroponik

Media Tanam Hidroponik

Media Tanam Hidroponik Buatan

  1. Arang sekam merupakan sebuah media tanam hidroponik yang paling populer dan banyak digunakan pada sebagian masyarakat. Selain itu, media ini juga sering digunakan untuk tanaman budidaya non-hidroponik di dalam pot. Tak hanya mampu menyerap air dengan baik, media ini juga ramah lingkungan dan memiliki pH netral. Yang lebih menarik, arang sekam cukup tahan lama dan bisa digunakan berulang kali serta bebas dari bakteri.
  2. Rockwool, adalah salah satu media tanam yang biasanya digunakan untuk bercocok tanam hidroponik. Media ini memiliki bentuk seperti busa berserabut halus dan sangat ringan. Rockwool terbuat dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, biasanya dicetak dalam bentuk lempengan ukuran besar. Penggunaannya bisa dipotong sesuai kebutuhan.
  3. Spons, benda yang dikenal sebagai alat untuk mencuci piring ini ternyata juga bisa digunakan sebagai media tanam hidroponik. Media yang satu ini memiliki sifat menyerap dan menyimpan air. Spons juga memiliki pori-pori cukup besar yang bisa menjadi sarana mengalirkan air nutrisi ke akar tanaman.

Media Tanam Hidroponik Alami Dari Pepohonan

  1. Cocopeat atau sabut kelapa juga bisa digunakan dalam cocok tanam hidroponik. Kemampuan menyerap air dan mampu menyimpannya dalam waktu yang cukup lama membuatnya sangat mendukung sebagai media tanam. Sabut kelapa juga ramah lingkungan dan cukup mudah diperoleh. Pori-pori yang terbentuk dalam tumpukan sabut kelapa sangat baik untuk pertumbuhan akar tanaman.
  2. Serbuk Kayu, ternyata juga bisa dijadikan media tanam hidroponik. Benda yang satu ini memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan air. Sifatnya yang tahan lama juga memungkinkan untuk menggunakannya secara berulang. Serbuk kayu merupakan salah satu media tanam yang ekonomis karena mudah diperoleh dan biasanya juga gratis.

Media Tanam Hidroponik Alami Dari Bebatuan

  1. Hydroton, sebuah benda yang dibuat dengan bahan dasar lempung yang dibakar dengan kepanasan tertentu dan dibentuk dengan ukuran 1-2.5 cm. Biasanya berbentuk bulatan yang terdapat pori-pori untuk menyerap air sebagai tempat nutrisi untuk tumbuhan. Hydroton juga memiliki pH yang netral dan stabil. Karena berbentuk bulat, hydroton tidak akan merusak tanaman. Media ini juga bisa digunakan berulang kali.
  2. Perlite, merupakan batuan kecil berwarna putih dari batu silica yang dipanaskan hingga cair, kemudian dibentuk lagi dengan ukuran yang lebih kecil. Beratnya sangat ringan hampir seperti gabus. Perlite juga memiliki pH netral dan memiliki data serap air tinggi sehingga bagus untuk media tanam hidroponik.
  3. Vermiculite, memiliki sifat hampir sama seperti perlite. Namun, vermiculite memiliki daya serap air yang lebih tinggi. Bobotnya juga lebih berat. Dari bentuk, media satu ini terlihat seperti kerang laut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, vermiculite bisa dikombinasikan dengan media tanam lainnya.
  4. Pasir, benda yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Baik pasir pantai maupun pasir yang berasal dari pegunungan, semuanya bisa digunakan sebagai media untuk tanaman hidroponik. Bahkan, pembibitan juga bisa dilakukan dengan media ini. Jika disimpan dalam pot, tanaman bisa terlihat cantik dan sesuai jika diletakkan di dalam rumah.
    Untuk hasil yang lebih indah, media yang digunakan bisa berupa pasir warna-warni dengan pot bunga transparan. Dengan perpaduan tersebut, tentu akan membuat suasana rumah menjadi lebih cantik, segar, dan nyaman.
  5. Kerikil, merupakan salah satu media tanam hidroponik yang bisa diletakkan di dalam pot atau vas bunga agar terlihat lebih indah. Media ini juga dapat menyerap air sehingga baik untuk akar tanaman.

Dari beberapa media tanam hidroponik di atas kalian bisa memilih mana yang mudah ditemukan di sekitar kalian. Intinya apapun media tanam, yang terpenting ialah kecukupan nutrisi dan perawatan pada tanaman itu sendiri. Demikianlah artikel kali ini tentang 10 media tanam hiroponik, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya, terima kasih sudah berkunjung di blog kebun ternak dan salam sukses selalu.

10 Media Tanam Hidroponik Selain Air Yang Ada Di Sekitar Kita | admin | 4.5