Menanam Angrek Di Pot – Simak Langkah Mudahnya

Kebunternak.com – Menanam Angrek Di Pot sangatlah mudah dilakukan, hal ini karena media tanam pada anggrek sangatlah sederhana. Kita bisa menanam anggrek dalam pot dengan menggunakan sekam bakar, akar pakis dan cocopeat ( cari bahan yang mudah didapatkan di kota kalian masing-masing ). Sekarang kita akan menyiapkan media tanamnya, saya ambil contoh cocopeat. Cocopeat adalah ampas atau limbah sabut kelapa yang banyak sekali mengandung unsur hara seperti kalium, nah kalium ini sangat cocok sekali bagi tumbuhan yang sedang berada dimasa generatif atau pembungaan.

Cara Menanam Angrek Di Pot

Menanam Angrek Di Pot

Persiapan Menanam Anggrek Dalam Pot

1. Persiapan Media Tanam

Mempersiapkan media tanam dengan cocopeat, adalah sangat sederhana, yang harus dilakukan pertama kali adalah perendaman cocopeat, kenapa harus direndam terlebih dahulu ? Karena sebagian cocopeat mengandung zat tanin, zat yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Kita bisa menyiapkan wadah seperti ember, bak atau baskom.. tuang cocopeat kedalam wadah secukupnya lalu berikan air bersih samapai terendam. Selanjutnya diamkan selama 4 hari. Selama 4 hari cocopeat biasa langsung dipakai, tapi akan lebih baik jika dikeringkan terlebih dahulu.

2. Persiapan Bibit

Saat cocopeat sudah jadi, bisa langsung kita masukan ke dalam pot. Oia, Saat kita membeli bibit di toko bunga, biasanya media yang dipakai hanya menggunakan akar pakis, nah akar pakis ini bisa dicampur bersama cocopeat yg sudah kita siapkan di dalam pot tadi.

3. Pemberian Pupuk

Setelah selesai pindah tanam, kita bisa menyiram tanaman anggrek dalam pot tadi dengan menggunakan pupuk organik ataupun AB mix. Kalau saya sendiri lebih memilih AB mix khusus untuk bunga, karena unsur hara makro dan mikro sudah lengkap. Untuk pemakaian AB mix sendiri, bisa disiram, dikocor atau yang lebih populer istilahnya adalah guyurponik. hehe. Bisa disiriamkan sehari 2x pada pagi dan sore hari.

4. Perwatan Bibit Angrek Dalam Pot

Untuk perawatan daun bisa disemprotkan pupuk daun seperti gandasil D atau Growmore 32-10-10. Disemprotkan seminggu sekali pada pagi dan sore hari. Dan jika menemukan daun yang sudah menguning, bisa kita potong dan buang agar daun muda bisa berkembang lebih cepat.

5. Perawatan Bunga Anggrek Dalam Pot

Sesudah masuk kedalam fase generatif atau pembungaan, tanaman anggrek kita bisa kita semprotkan dengan pupuk bunga seperti Growmore 10-55-10. Pemberian seminggu sekali pada pagi dan sore hari, pemberian pupuk semprot bunga bertujuan agar bunga yang sudah dihasilkan tidak rontok dan terus segar serta menghasilkan warna yang cerah.

Lakukanlah cara ke 4 dan 5 secara rutin setiap minggunya, bisa juga dengan pemberian ZPT seperti Merk Hantu dan Gibgro. Sekian artikel kali ini mengenai Cara menanam anggrek di pot. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi pembaca blog kebunternak.com.

Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses selalu, tetap semangat berkebun agar bumi kita tetap segar. Salam Go Green..

Menanam Angrek Di Pot – Simak Langkah Mudahnya | admin | 4.5