8 Cara Menanam Tomat Dalam Pot Dengan Baik Dan Benar

Kebunternak.com – Menanam Tomat Dalam Pot sangatlah mudah dilakukan, langkah-langkah sederhana dan tepat akan dapat menghasilkan tanaman yang sehat, subur dan kuat terhadap penyakit. Pemilihan bibit yang baik dan pencampuran media tanam yang sehat juga berpengaruh dalam kesuksesan dalam menanam tomat. Lalu apa sajakah langkah yang harus diperhatikan dalam budidaya tomat dalam pot ? Yuk simak ulasannya di bawah ini :

Menanam Tomat Dalam Pot

Menanam Tomat Dalam Pot

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang baik adalah media tanam yang mengandung banyak unsur hara di dalamnya. Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa media tanam pengganti tanah yang bagus dan sesuai. Media tanam tomat dalam pot selain tanah yang paling cocok adalah cocopeat, sekam bakar dan akar pakis. Bisa dicampur menjadi satu dengan perbandingan 1:1:1 ataupun bisa juga memakai salah satunya.

Pemberian Pupuk Dasar

Setelah media tanam tadi kita campur dan kita siapkan, sebelum kita masukan ke dalam pot sebaiknya kita beri kompos halus seperti kascing, kohe sapi, kambing atau ayam dengan perbandingan 1:1. Setelah siap barulah kita masukan media tanam tadi kedalam pot.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit haruslah memilih bibit yang unggul atau F1 agar pertumbuhan bisa cepat dan mendapatkan hasil buah yang maksimal dan tentunya akan lebih tahan terhadap penyakit.

Persemaian

Untuk persemaian tomat, biasanya bisa menggunakan tray semai ataupun plastik cup. Kalau saya sendiri lebih suka semai langsung kedalam pot agar nanti tidak ada pemindahan bibit, yang akan menghambat pertumbuhannya. Tapi ada juga yang suka menyemai pada cup kecil agar lebih simple. Sebenarnya cara apapun bagus, semua tergantung kepada kalian. Jangan lupa memberikan lanjaran atau ajir dari kayu atau bambu, karena tomat termasuk tumbuhan yang perlu penopang agar batangnya tidak patah jika terkena angin.

Pemupukan Lanjutan

Untuk pemupukan lanjutan saya sarankan memakai AB mix dan menggunakan sistem guyurponik atau siram pada pot. Untuk penyiramannya bisa dilakukan sehadi 2X pada pagi dan sore hari, mengingat tomat adalah tanaman yang sangat rakus akan kebutuhan nutrisi. Oleh sebab itulah tanaman tomat pertumbuhannya sangat cepat sekali. Pemberian pupuk spray juga sangat dianjurkan, kita bisa memakai gandasil D atau growmore daun dengan penyemprotan seminggu sekali pada pagi dan sore hari.

Penanggulangan Hama dan Penyakit

Untuk penanggulangan hama dan penyakit pada tomat bisa menggunakan bahan alami atau pestisida nabati yang bisa kita beli di toko pertanian. Bisa kita semprotkan seminggu sekali pada tanaman agar terhindar dari hama dan penyakit.

Polinasi Atau Penyerbukan

Setelah tomat megeluarkan bakal bunga, sebaiknya spray dengan pupuk kita ganti menjadi gandasil B atau Growmore buah. Jangan lupa melakukan polinasi atau penyerbukan, agar bunga tidak gugur dan bisa menjadi bala buah. Caranya dengan menggetarkan batang bunga pada tanaman tomat, dilakukan pada pagi hari lebih optimal.

Pemanenan

Biasanya tomat sudah bisa dipanen dalam waktu 2-3 bulan saja, saat masa panen tiba, sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Hal ini agar tidak mengganggu tanaman saat proses fotosintesis. Untuk menghasilkan tanaman tomat yang baik, sebaiknya daun yang menguning atau kurang sehat dipotong dan dibuang saja.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara menanam tomat dalam pot, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog kebun ternak semuanya. Salam sukses dan tetap semangat dalam berkebun. Go Green..

 

8 Cara Menanam Tomat Dalam Pot Dengan Baik Dan Benar | admin | 4.5