Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan Uang Dengan Cepat

Kebunternak.com – Sebagai seorang pengusaha, kita sering kali menginginkan peluang usaha di bidang peternakan yang paling mudah dan sudah pasti cepat mendapatkan untung, karena Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan uang dengan cepat memang sudah menjadi keninginan setiap orang untuk menjalankannya. Untuk itu perlu dilakukan penilaian yang mendalam dalam diri kita sendiri. Contohnya adalah kita hobi ternak apa ? Kalau hobi ternak unggas ya jangan ternak ikan. Nanti malah malas mengurusnya yang akhirnya usahanya tidak jalan.

Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan

Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan

Kali ini saya akan bahas mengenai ternak paling mudah adalah ternak cacing lubricus atau sejenisnya. Nah modal awal kita adalah tentu saja indukan cacingnya. Indukan bisa kita beli atau cari sendiri, kalau rekomendasi saya sih lebih baik beli ke peternak lain. Karena cacing yang sudah biasa diternak akan sangat mudah beradaptasi di lingkungan yang baru.

1. Pembuatan Media Ternak

Pembuatan media ternak sangatlah mudah, kita bisa memakai kotak styrofoam, baki, ataupun papan triplek. Selanjutnya adalah desain wadah tersebut beri lubang kecil-kecil agar udara bisa tersikulasi dan tambahkan karung didalamnya agar cacing tidak kabur. Setelah wadah selesai kita buat, siapkan media hidupnya yaitu cocopeat, letakan di dalam wadah samapai setengah wadah tingginya ( jangan terlalu penuh )

2. Persiapan Bibit

Setelah wadah selesai kita buat dan media hidup cacingnya sudah kita letakan di dalam wadah, maka langkah selanjutnya adalah peletakan bibit cacingnya. Bibit cacing bisa kita dapatkan dengan membeli pada peternak cacing lain ataupun mencari sendiri di alam. Kalau rekomendasi saya adalah membeli ke peternak lain, karena bibit atau indukan cacing yang sudah biasa diternak akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Pemberian Pakan

Pemberian pakan cacing bisa berupa limbah sayuran ataupun Kohe ( Kotoran Hewan ). Jika kita menggunakan kohe, sebaiknya sebelum pemberian kohe dicampur dengan microba pengurai seperti EM4 agar kohenya tidak berbau dan mencemari lingkungan sekitar kita. Caranya adalah masukan kohe ke dalam ember, lalu berikan air dan berikan beberapa tutup EM4 sebagai pengurainya. Setelah diberikan EM4 selanjutnya diaduk dan ditutup lalu didiamkan selama 3 hari. Setelah tidak berbau, pakan cacing dari kohe sudah bisa diberikan pada cacing kita.

4. Pemanenan

Setelah kurang lebih 1 atau 2 bulan, cacing sudah bisa dipanen untuk dijual atau dikembangbiakan kembali. Misalnya, awal kita beli bibit 1KG selama sebulan kita bisa panen sebanyak 2KG, maka modal 1KG awal tadi bisa kita jual atau kita biakan kembali. Nah total 2KG indukan yang kita dapat bisa kita biakan kembali dengan target 4KG dalam 1 bulan kedepan.

Kenapa Harus Ternak Cacing :

  1. Modal Kecil
  2. Cepat Panen
  3. Pakan Mudah
  4. Pasar Masih Luas
  5. Kotoran Cacing Juga Ada Pasarnya ( Kascing )

Modal Kecil

Modal kecil karena 1KG cacing berharga 40.000-50.000 rupiah saja.

Panen Cepat

Panen cuma 1-2 bulan saja.

Pakan Mudah

Pakan untuk cacing tidaklah susah, kita bisa mencarinya dipasar atau beli pada pedagang sayuran. Untuk pakan kohe, kita bisa mebelinya dengan harga sangat murah di peternak sapi atau kambing. Malah disebagian tempat digratiskan kok. hehe

Pasar Masih Luas

Pasar masih terbulang luas karena masih sangat jarang sekali yang beternak cacing ini.

Kascing ( kotoran cacing )

Ya betul sekali, kotoran cacing ini banyak sekali dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk berkebun atau sebagai pupuk organik yang mempunyai unsur hara tinggi. Jadi kotoran atau limbah cacing ini masih bisa kita jual juga, yang intinya tidak ada yang terbuang dari beternak cacing ini.

Nah demikianlah informasi kali ini tentang Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan Uang Dengan Cepat, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat pembaca semua. Salam sukses dan tetap semangat..

 

Ternak Paling Mudah Dan Menghasilkan Uang Dengan Cepat | admin | 4.5