Ternak Sapi Simental – Tips Cara Agar Cepat Sukses

Ternak Sapi Simental – Tips Cara Agar Cepat Sukses beternak sapi simenteal adalah kesabaran dan ketelatenan. Beternak sapi memerlukan kesabaran yang ekstra karena seekor sapi harganya sangat mahal. Jadi jangan sampai nanti kita gagal dalam beternak sapi jenis simental ini. Karena jika salah sedikit saja resikonya sangat fatal. Selain pemilihan bibit yang unggul, perawatan harian dan kebersihan kandang menjadi faktor utama dalam beternak sapi simental. Nah apa saja langkahnya ? Yuk simak ulasan di bawah ini :

Ternak Sapi Simental - Tips Cara Agar Cepat Sukses

Ternak Sapi Simental

Memilih Bibit Sapi Simental

Memilih bibit untuk ternak sapi simental penting dilakukan untuk mendapatkan anakan yang berkualitas pula. Ada dua cara memilih bibit berdasarkan jenis kelaminnya, yaitu :

  • Performa fisik bagus, kapasitas servis, kualitas semen, dan hal yang berkaitan dengan kesehatan sapi
  • Kemiringan vulva tidak terlalu ke atas, punya puting berjumlah 4 buah, punya ambing yang relatif besar dengan bentuk simetris. Dasar pertimbangan pemilihan betina sapi simental adalah segala hal yang berkaitan dengan kesehatan bibit.

Perkandangan Sapi Simental

Kandang setidaknya ditempatkan sekurang-kurangnya 10 meter dari rumah penduduk. Hal ini selain untuk menghindari polusi udara juga berfungsi untuk menghindarkan sapi simental dari stress.

Kandang yang baik adalah yang menjamin adanya sirkulasi udara dan cahaya didalamnya. Selain itu, kandang hendaknya di tempatkan lebih tinggi dari permukaan tanah dengan posisi lantai di buat agak miring supaya pembersihannya mudah. Lantai terbuat dari semen atau tanah padat yang di lapisi oleh jerami kering untuk membuat kondisi lantai tetap hangat.

Tempat pakan dan minum sapi simental diletakkan di luar kandang yang masih dinaungi oleh atap yang sama. Tempat pakan dan minum hendaknya dibuat lebih tinggi supaya tidak terinjak sapi ketika bergerak. Selain itu, supaya kotoran sapi juga tidak mengenai pakan dan minum tersebut.

Sejauh ini, bentuk kandang ternak sapi simental yang di sarankan adalah kandang individu. Hal ini dikarenakan kandang individu mempunyai beberapa kelebihan dibanding kandang kelompok yaitu tidak memungkinkannya sapi untuk memperebutkan pakan yang biasa terjadi pada kandang kelompok. Selain itu, ruang geraknya yang terbatas juga membuat sapi simental tidak terlalu menghabiskan energi ketika bergerak. Kandang individu di buat untuk satu ekor sapi dengan ukuran 2,5 x 2 meter.

Satu hal terpenting adalah untuk selalu rutin dalam membersihkan kandang untuk mencegah bau menyengat dan mengundang penyakit setidaknya dua kali sehari. Membersihkan kotoran secara rutin juga akan mengurangi stress pada sapi. Kotoran sapi bisa difermentasikan selama 1 – 2 minggu untuk kemudian dapat digunakan sebagai pupuk kandang.

Pakan Sapi Simental

Seperti jenis sapi yang lain, sapi simental juga memakan hijauan yang dapat berupa rumput, daun kacang-kacangan, limbah pertai=nian, konsentrat onggok, dedak padi, dan ampas tahu. Selain pakan utamanya yang berupa hijauan, sapi simental juga dapat diberikan pakan tabhana berypa vitamin, mineral, dan urea.

Sapi diberikan pakan sebanyak 2 -3 kali drhari dengan kebutuhan pakan sekitar 10 % dari bobot tubuhnya. Sedangkan untuk pakan tambahan atau konsentrat dapat di berikan 2 – 3 jam sebelum akan sebanyak sekitar 2 % setiap harinya. Sapi juga membutuhkan garam dengan jumlah 15 – 30 gram sehari, Kalsium phosphat sebanyak 13 – 30 gram sehari yang biasanya terkandung dalam tepung tulang kapur. Gunakan berbagai jenis pakan dengan formulasi yang berbeda-beda untuk menghindari kebosanan yang menimpa sapi simental.

Perawatan Kesehatan Sapi Simental

Untuk tetap menjaga kesehatannya, sapi juga perlu di vaksinasi untuk tetap terhindar dari beberapa penyakit serius seperti antraks dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Selain itu, dapat juga diberikan obat cacing untuk mencegah terjadinya cacingan pada sapi. Meskipun tidak seganas penyakit mikrobiotik yang lain, cacingan tetap merupakan penyakit yang harus dihindari karena mereka bisa menyedot gizi yang seharusnya sudah bisa dikonversi menjadi daging. Untuk tetap menjaga kebersihan dan kebugaran sapi simental bersihkan badan mereka dengan memandikannya setidaknya 1 – 2 kali sehari.

Demikianlah artikel kita kali ini mengenai cara sukses ternak sapi simental, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog kebunternak.com semuanya. Salam sukses dan selamat beternak.

Ternak Sapi Simental – Tips Cara Agar Cepat Sukses | admin | 4.5